Senin, 14 November 2011

Pemodelan Geometris

Pemodelan geometris merupakan cabang dari matematika terapan dan komputasi geometri yang mempelajari metode dan algoritma untuk deskripsi matematika bentuk. Bentuk belajar di pemodelan geometris tersebut kebanyakan 2D atau 3D, karena 2D adalah model yang penting dalam komputer tipografi dan gambar teknik. Tiga dimensi model adalah pusat untuk computer aided design dan manufacturing (CAD / CAM), dan banyak digunakan dalam bidang teknik seperti sipil dan mechanical engineering, arsitektur, geologi dan medis pengolahan gambar.


Geometris model yang bisa ditampilkan pada computer seperti shape/bentuk, posisi, orientasi, warna/tekstur, dan cahaya. Pada goemetris model juga terdapat tingkat-tingkat kesulitan untuk membuat suatu obyek seperti menghubungkan beberapa bentuk sudut pada permukaan bebas karena bentuk sudut tersebut harus pas dan teliti ukurannya agar gambar terlihat nyata.

Graphics System Architectur

Transformasi dari suatu konsep (atau suatu benda nyata) ke suatu model geometris yang bisa ditampilkan pada suatu komputer :
– Shape / bentuk

– Posisi

– Orientasi (cara pandang)

– Surface Properties / Ciri-ciri Permukaan (warna, tekstur)

– Volumetric Properties / Ciri-ciri volumetric (ketebalan / pejal, penyebaran cahaya)

– Lights / cahaya (tingkat terang, jenis warna)

– Dan lain-lain

Pemodelan Geometris yang lebih rumit :
– Jala-Jala segi banyak: suatu koleksi yang besar dari segi bersudut banyak, dihubungkan satu sama lain.

– Bentuk permukaan bebas: menggunakan fungsi polynomial tingkat rendah.

– CSG: membangun suatu bentuk dengan menerapkan operasi boolean pada bentuk yang primitif.

Elemen-elemen pemodelan Geometri

Techniques—Geometry (1/4)

Geometric Modeling

 Dari suatu konsep (atau suatu benda nyata)

ke suatu model geometris yang bisa

ditampilkan pada suatu komputer.

 Contoh: suatu sphere/bidang dapat diuraikan

oleh empat angka-angka yang riil:( x,y,z,r).

 Contoh: suatu segi banyak dapat diuraikan

oleh daftar koordinat puncaknya.

Geometric Modeling

Bagaimana cara menghadirkan bentuk yang

lebih rumit?

 Jala-Jala segi banyak: suatu koleksi yang besar dari segi bersudut banyak, dihubungkan satu sama lain.

 Bentuk permukaan bebas: menggunakan fungsi polynomial tingkat rendah.

 CSG: membangun suatu bentuk dengan menerapkan operasi boolean pada bentuk yang primitif.

Pemodelan Geometris


Transformasi dari suatu konsep (atau suatu benda nyata) ke suatu model geometris yang bisa ditampilkan pada suatu komputer :
– Shape/bentuk
– Posisi
– Orientasi (cara pandang)
– Surface Properties / Ciri-ciri Permukaan (warna, tekstur)
– Volumetric Properties / Ciri-ciri volumetric (ketebalan/pejal, penyebaran cahaya)
- Lights/cahaya (tingkat terang, jenis warna)
- Dan lain-lain …

Pemodelan Geometris yang lebih rumit :
– Jala-Jala segi banyak: suatu koleksi yang besar dari segi bersudut banyak, dihubungkan satu sama lain.
– Bentuk permukaan bebas: menggunakan fungsi polynomial tingkat rendah.
– CSG: membangun suatu bentuk dengan menerapkan operasi boolean pada bentuk yang primitif

0 comments:

Posting Komentar

Recent Comments